Kamis, 12 Maret 2009

Dunia Kerja?


Dunia kerja itu memang ajaib. Gue adalah seorang ABK (anak baru kerja), setelah kuliah lebih lama daripada temen2 seumuran gue, finally bergabung juga dengan jutaan buruh2 pekerja di Jakarta. Dengan masuknya gue ke dalam salah satu perusahaan minyak asing, gue officially berubah wujud jadi mba2 kantoran (krik...krik...so lame). Yang kerjaannya di depan komputer plotot2an ma excel dan word. Pasalnya my dream job adalah yang mobile, dinamis dan ketemu banyak orang. Gue nyesel setengah mamfus udah ngundurin diri dari seleksi jadi fotografer sebuah surat kabar bhs inggris. Padahal udah sampe 3 besar. Pas gue telpon HRDnya mo ngundurin diri, doi bilang "padahal kans kamu untuk diterima lumayan lho". Terhenyak gue digituin, tapi yaaa gimanah...

Pertimbangan gue ngundurin diri adalah:
1. udah diterima di kantor gue sekarang
2. supaya temen gue yg ga lolos seleksi, bs ngisi tempat gue, sehingga ada kesempatan kedua baginya (kenyataannya ga gitu)
3. gue menyadari, klo gue jadi fotografer koran harian, gue akan berubah!!(kya ksatria baja item) jadi B (utch). Apa hubungannya Ry? oh banyak. Gue pasti akan berpenampilan sefungsional mungkin. Wartawan getu loh, motret lg. Panas2an dll, masa pake rok, ooh no...

Yah, tp penyesalan emang dateng blakangan ya. Setelah ngerasain 2 minggu jadi mba2 kantor, ohooo saia rela deh menghitam panas2an ngejar brita. Wkakakakaka!dasar plin-plan.

Eniwei, balik lagi mo bahas bagaimana seorang insan yang menganggap dirinya mahasiswa abadi (kuliahnya lama,red), dalam menghadapi dunia kerja. Temen2 gue yang udah pada kerja duluan suka berfatwa pada gue, "Ry, lo nikmatin aja dah kuliah, kerja ndak enak". Gue waktu itu ga percaya, karena tergiur dengan duit2 yang mengucur ke rekening tiap bulannya. Kini mata gue terbuka, emang ndak enak (kasi kucing aja klo ga enak).

Ada 1 hal yang bikin gue eneg bgt dalam dunia kerja...yaitu politiknya. Kmaren seorang kolega gue di kantor Mas Y, membeberkan beberapa obstacles yang harus gue hadapi. Dari mulai disuruh ngerjain kerjaan sang senior (padahal kerjaan gue udah menggunung tiap harinya), etnisitas yang ternyata memegang peran penting dalam kesuksesan karir, kesempatan pergi dinas yang didominasi oleh 1 orang. Singkong lembek, tape deeh.

Mas Y juga berfatwa ke gue, "Ry, dunia kerja itu emang kayak rimba. Setiap hari kita dateng ke battle ground, dan berjuang deh kamu sendirian". Doi juga nambahin, mau kerja dimana pun, sama aja masalahnya. Jadi gimana pinter2nya kita aja ngadepinnya. Berasa pengen kuliah lagi deh, haahhh those good ol' days....(sambil ngebayangin masa2 kejayaan gue pas kuliah).

Baiklah Mas Y, saia akan berjuang....demi sesuap nasi dan segenggam berlian. Moga2 Tuhan memberkati. (ayo sama-sama!) AMIIINNN...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar